ANALISIS POSTER PRODUK MASTIN

Design Poster Produk Mastin


1
1.     Unsur 5W + 1H yang terdapat pada poster diatas adalah sebagai berikut :
-          What (apa)
Apa produk yang di promosikan pada poster diatas?
Produk yang dipromosikan pada poster diatas adalah produk Mastin yang merupakan obat herbal alami dengan kandungan ekstrak kulit manggis yang kaya akan antioksidan serta teruji klinis berlogo Obat Herbal Terstandar (OHT).
-          Why (Mengapa)
Mengapa poster tersebut dibuat?
Poster dibuat untuk mempromosikan atau memperkenalkan produk Mastin yang merupakan obat herbal alami dengan kandungan ekstrak kulit manggis dan produk ekstrak kulit manggis (Mastin) pertama serta satu-satunya di Indonesia yang sudah teruji klinis berlogo Obat Herbal Terstandar (OHT) sehingga dapat membuat masyarakat tertarik untuk mengonsumi dan membeli produk Mastin serta dapat meningkatkan penjualan produk.
-          Who (Siapa)
Siapa yang menjadi segmentasi dalam poster diatas?
Segmentasinya adalah masyarakat baik itu remaja, dewasa dan orang tua terutama wanita yang ingin menjaga kesehatan dan kecantikan setiap hari.
Siapa brand ambassador dari produk diatas?
Brand Ambassador dari produk mastin yaitu artis cantik yang bernama Indah Permatasari.
-          Where (Dimana)
Dimana saja poster tersebut dapat dipasang?
Poster Mastin dapat dipasang di jalan-jalan, apotek, minimarket serta warung kecil yang sering dikunjungi oleh masyarakat.
-          When (Kapan)
Menurut saya pada poster ini tidak terdapat unsur when.
-          How (Bagaimana)
Bagaimana khasiat dari produk diatas?
Khasiat dari produk mastin yaitu untuk membantu memelihara kesehatan kulit dan tubuh.
Bagaimana cara pemakaian produk?
Cara pemakaiannya diminum secara teratur 2 x 2 kapsul sehari. Dosis juga dapat ditambahkan menjadi 4 x 2 kapsul sehari sesuai dengan kebutuhan.
Bagaimana bunyi tagline produk diatas?
Bunyi tagline nya adalah “Ingat Ekstrak kulit manggis, ya..Mastin..,Cantik Good!”
2.     Unsur-unsur SWOT yang terdapat pada design poster diatas yaitu;
-          Strengths (Kekuatan)
Beberapa Kekuatan dari design poster diatas yaitu ;
1.     Menonjolkan buah manggis dan banyaknya varian produk Mastin,
2.     Menggunakan warna design yang tidak mencolok dan pas sesuai dengan warna kulit manggis yang berwarna ungu.
3.     Poster dikombinasikan dengan bentuk dan gambar yang sesuai.
4.     Poster mastin mempergunakan bahasa yang mudah dipahami.
5.     Susunan kalimat poster singkat, padat dan jelas.
6.     Menampilkan brand ambassador seorang artis wanita cantik (Indah Permatasari) sehingga sangat pas dengan tagline “cantik good!”.
7.     Poster tersebut memperlihatkan bahwa dengan meminum Mastin setiap hari dapat membantu memelihara kesehatan kulit dan tubuh.
-          Weaknesses (Kelemahan)
Adapun kelemahan dari design poster diatas yaitu :
1.     Kurangnya informasi tentang tahun berdirinya produk Mastin dan informasi lain tentang khasiat/kandungan lain pada produk tersebut.
2.     Tidak terlihat logo Halal dan MUI pada poster tersebut.
-          Opportunities (Peluang)
Peluang dari design poster diatas yaitu :
1.     Menampilkan brand ambassador Indah Permatasari yang merupakan artis cantik yang sudah dikenal oleh masyarakat luas.
2.     Mastin merupakan pelopor pertama ekstrak herbal dari kulit manggis dan teruji klinis berlogo Obat Herbal Terstandar (OHT).
-          Threats (Ancaman)
Munculnya berbagai suplemen herbal sejenis karena terinspirasi dari produk Mastin yang ditampilkan pada poster.
3.     Menurut saya tujuan dibuat poster tersebut yaitu untuk memperkenalkan produk Mastin kepada khalayak umum dengan harapan akan dapat meningkatkan penjualan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkembangan Media Pada Profesi PR

Media Public Relations