ANALISIS POSTER PRODUK MASTIN
Design Poster Produk Mastin |
1
1. Unsur
5W + 1H yang terdapat pada poster diatas adalah sebagai berikut :
-
What (apa)
Apa produk yang di
promosikan pada poster diatas?
Produk yang
dipromosikan pada poster diatas adalah produk Mastin yang merupakan obat herbal
alami dengan kandungan ekstrak kulit manggis yang kaya akan antioksidan serta
teruji klinis berlogo Obat Herbal Terstandar (OHT).
-
Why (Mengapa)
Mengapa poster tersebut
dibuat?
Poster dibuat untuk
mempromosikan atau memperkenalkan produk Mastin yang merupakan obat
herbal alami dengan kandungan ekstrak kulit manggis dan produk ekstrak kulit manggis
(Mastin) pertama serta satu-satunya di Indonesia yang sudah teruji klinis
berlogo Obat Herbal Terstandar (OHT) sehingga dapat membuat masyarakat tertarik
untuk mengonsumi dan membeli produk Mastin serta dapat meningkatkan penjualan
produk.
-
Who (Siapa)
Siapa yang menjadi
segmentasi dalam poster diatas?
Segmentasinya adalah
masyarakat baik itu remaja, dewasa dan orang tua terutama wanita yang ingin
menjaga kesehatan dan kecantikan setiap hari.
Siapa brand ambassador
dari produk diatas?
Brand Ambassador dari
produk mastin yaitu artis cantik yang bernama Indah Permatasari.
-
Where (Dimana)
Dimana saja poster
tersebut dapat dipasang?
Poster Mastin dapat
dipasang di jalan-jalan, apotek, minimarket serta warung kecil yang sering
dikunjungi oleh masyarakat.
-
When (Kapan)
Menurut saya pada
poster ini tidak terdapat unsur when.
-
How (Bagaimana)
Bagaimana khasiat dari
produk diatas?
Khasiat dari produk
mastin yaitu untuk membantu memelihara kesehatan kulit dan tubuh.
Bagaimana cara
pemakaian produk?
Cara pemakaiannya
diminum secara teratur 2 x 2 kapsul sehari. Dosis juga dapat ditambahkan
menjadi 4 x 2 kapsul sehari sesuai dengan kebutuhan.
Bagaimana bunyi tagline
produk diatas?
Bunyi tagline nya
adalah “Ingat Ekstrak kulit manggis, ya..Mastin..,Cantik Good!”
2. Unsur-unsur
SWOT yang terdapat pada design poster diatas yaitu;
-
Strengths (Kekuatan)
Beberapa Kekuatan dari
design poster diatas yaitu ;
1. Menonjolkan
buah manggis dan banyaknya varian produk Mastin,
2. Menggunakan
warna design yang tidak mencolok dan pas sesuai dengan warna kulit manggis yang
berwarna ungu.
3. Poster
dikombinasikan dengan bentuk dan gambar yang sesuai.
4. Poster
mastin mempergunakan bahasa yang mudah dipahami.
5. Susunan
kalimat poster singkat, padat dan jelas.
6. Menampilkan
brand ambassador seorang artis wanita cantik (Indah Permatasari) sehingga
sangat pas dengan tagline “cantik good!”.
7. Poster
tersebut memperlihatkan bahwa dengan meminum Mastin setiap hari dapat membantu
memelihara kesehatan kulit dan tubuh.
-
Weaknesses (Kelemahan)
Adapun kelemahan dari
design poster diatas yaitu :
1. Kurangnya
informasi tentang tahun berdirinya produk Mastin dan informasi lain tentang
khasiat/kandungan lain pada produk tersebut.
2. Tidak
terlihat logo Halal dan MUI pada poster tersebut.
-
Opportunities (Peluang)
Peluang dari design poster
diatas yaitu :
1. Menampilkan
brand ambassador Indah Permatasari yang merupakan artis cantik yang sudah
dikenal oleh masyarakat luas.
2. Mastin
merupakan pelopor pertama ekstrak herbal dari kulit manggis dan teruji klinis berlogo
Obat Herbal Terstandar (OHT).
-
Threats (Ancaman)
Munculnya berbagai
suplemen herbal sejenis karena terinspirasi dari produk Mastin yang ditampilkan
pada poster.
3. Menurut
saya tujuan dibuat poster tersebut yaitu untuk memperkenalkan produk Mastin
kepada khalayak umum dengan harapan akan dapat meningkatkan penjualan.
Komentar
Posting Komentar