Media Public Relations


Media PR adalah segala bentuk media (sarana/saluran/channel) yang digunakan praktisi PR dalam pekerjaannya dengan tujuan publikasi yang luas agar produk atau jasa yang PR pasarkan lebih dikenal oleh masyarakat.
Media PR besifat lebih kepada publikasi dan komunikasi. Media komunikasi yang penting digunakan PR adalah dalam kemitraannya dengan media pers (cetak atau elektronik) dikenal dengan media relations (hubungan media) atau press relations (hubungan pers).
Philip Lesly (1991:7) memberikan definisi Media Relations sebagai hubungan dengan media komunikasi untuk melakukan publisitas atau merespon kepentingan media terhadap kepentingan organisasi.

Adapun Fungsi Media PR yaitu :
1. Meningkatkan citra perusahaan, personal, institusi, lembaga pemerintah dan non pemerintah, atau bentuk lembaga lainnya.
2. Meningkatkan kepercayaan publik terhadap produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan, visi dan misi serta program personal, institusi, lembaga pemerintah dan non pemerintah, atau bentuk lembaga lainnya.
3. Meningkatkan point of selling dari produk dan jasa perusahaan, visi dan misi serta program personal, institusi, lembaga pemerintah dan non pemerintah, aau bentuk lembaga lainnya.
4. Membantu perusahaan keluar dari komunikasi krisis.
5. Meningkatkan relasi dari beragam public, seperti terhadap lembaga pemerintah, perusahaan-perusahaan, organisasi kemasyarakatan, maupun individu.

Adapun Jenis Media PR antara lain :
1. Media Cetak (jurnal inhouse, surat kabar, majalah)
2. Online Media (website, blog, media sosial, email)
3. Broadcasting Media (radio, televisi)
4. Special Event (seminar, workshop)
5. Outdoor Media - Media Luar Ruang (spanduk, papan reklame, poster)

Sebagai alat media PR dibagi menjadi tiga sifat yaitu :
1. Media komunikasi yang bersifat hanya dapat didengar (auditif).
Media auditif yang dapat digunakan untuk melaksanakan komunikasi antar personal dalam kegiatan PR antara lain : Telepon, Radio Telepon atau disebut juga radiogram, Demonstrasi, Pertemuan.

2. Media komunikasi yang bersifat hanya dapat dilihat (visual).
Keuntungan dari media ini adalah dapat diperbanyak tanpa mengubah isi informasinya, dapat dipelajari setiap saat dengan tenang dan dapat didokumentasikan antara lain : surat, telegraf, telex, faximile.

3. Media komunikasi yang dapat didengar sekaligus dapat dilihat (audio visual).
Kemajuan teknologi dibidang komunikasi memungkinkan perpaduan sistem telepon dengan televisi, sehingga dalam melakukan hubungan komunikasi antar perorangan tidak lagi hanya saling mendengar suara saja melainkan juga saling melihat antara lain melalui web cam atau melalui teleconference.

Disamping itu Media PR memiliki kelebihan antara lain :
Media Cetak :

  •  Repeatable, dapat dibaca berkali-kali dengan menyimpannya atau mengklipingnya.
  • Analisa lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti isi berita dengan analisa yang lebih mendalam dan dapat membuat orang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan.
Media Elektronik :
  • Cepat dari segi waktu, media elektronik tergolong cepat dalam menyebarkan berita ke masyarakat luas.
  • Ada audio visual, media elektronik mempunyai audio visual yang memudahkan audiensnya untuk memahami berita (khusus televisi).
  • Terjangkau luas, media elektronik menjangkau masyarakat secara luas.
Media Online :
  • Sangat cepat dari segi waktu, media online sangat cepat dalam menyampaikan beritanya.
  • Audio visual, media online juga mempunyai audio visual dengan melakukan streaming.
  • Praktis dan fleksibel, media online dapat diakses dari mana saja dan kapan saja kita inginkan.
Media yang sering digunakan pada saat ini oleh PR adalah media elektronik dan media online, sebelumnya sudah disebutkan beberapa kelebihan media elektronik dan media online. Salah satu nya adalah kecepatan penyebaran berita, mengingat sekarang jaman era digital, dengan adanya media elektronik dan media online sangatlah terbantu. Dengan adanya sosial media atau media online lebih mempermudah dan menghemat waktu serta biaya bagi seorang PR untuk menyampaikan pesan kepada publik. Sosial media dapat menjadi alat promosi produk yang sangat berpengaruh dan ekonomis dibandingkan dengan menggunakan media lainnya.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALISIS POSTER PRODUK MASTIN

Perkembangan Media Pada Profesi PR